Selasa, 23 September 2014

Daerah Asal

JOMBANG.

Daerah yang terkenal dengan kota santrinya. Daerah tempat banyak berdirinya pondok pesantren,salah satunya pondok pesantren Tebuireng tempat dimana salah satu mantan presiden RI dimakamkan yaitu Abdurrahman Wahid (Gus Dur).Karena banyaknya pondok pesantren yang berdiri di tempat ini membuat banyak sekali orang orang dari luar daerah ingin menuntut ilmu di pondok pesantren di Jombang.

WISATA WISATA YANG ADA DI JOMBANG

Wisata buatan

  • Tirta Wisata
    Tempat wisata lokal yang terdapat balekambang, kolam pancing, kolam renang dan lapangan tenis. Tempat ini sering diselenggarakan berbagai konser, baik artis regional hingga artis ibukota. Terletak di tepi jalan raya Jombang-Surabaya, Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan
  • Taman KeplaksariTaman wisata yang terdapat monumen pesawat tempur di sebelah tenggara taman ini dan patung hewan di Indonesia dari barang bekas. Terletak di seberang Tirta Wisata.

Wisata alam

  • Wanawisata Sumberboto
    Merupakan wahana wisata binaan dari Perhutani yang banyak dikunjungi wisatawan lokal. Suasana dingin dan asri penuh dengan pepohonan, terdapat pula kolam renang air hangat. Terletak di Desa Grobongan, Kecamatan Mojowarno. Biasanya ditempat ini dijadikan sebagai tempat perkemahan.
  • Wisata Agro Perkebunan Panglungan
    Kawasan perkebunan dengan topografi pegunungan yang berada di Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam ini berfungsi sebagai daerah resapan air dan kawasan konservasi lahan. Saat ini Panglungan tengah dikembangkan sebagai agrowisata dengan tanaman utama kakao, cengkeh, melinjo, dan kopi.
  • Air terjun tretes
    Merupakan air terjun dengan ketinggian 158 meter, dan terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air laut. Terletak di Dusun Tretes, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam.
  • Goa Sigolo-golo
    Terletak di Dusun Kranten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam. Merupakan Goa di wilayah Jombang yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah.
  • Kedung Cinet
    Merupakan wisata alami pegunungan yang sangat mempesona. Aliran sungai yang jernih dan menawan dilintasi oleh "jembatan goyang". Terdapat di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan
  • Sendang Made
    Terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu. Di kawasan ini terdapat peninggalan sejarah petilasan Raja Airlangga. Selain Sendang Made di sekitarnya terdapat sendang-sendang lain yang lebih kecil, Diantaranya Sendang Payung, Sendang Padusan, Sendang Drajat, Sendang Sinden dan Sendang Omben.


    Oleh-oleh/Makanan khas

  • Nasi Kikil
    Makanan tersebut dapat dijumpai di sepanjang Jalan Ds. Mojosongo, Kec.Diwek (2 km ke selatan dari arah Stasiun Jombang dan di Ds. Bandung, Kec. Diwek, Jombang
  • Nasi Pecel
    Untuk mendapatkan makanan khas Jombang, tidaklah sulit. Pemerintah Jombang tengah menggodok dan memunculkan banyak potensi daerahnya. Salah satu makanan khas Jombang yang sangat disukai adalah Sego Pecel. Makanan ini disukai oleh berbagai lapisan masyarakat Jombang. Dan semua masyarakat Jombang sangat menikmati Nasi Pecel ini sebagai sarapan di pagi hari. Selain harganya murah, Sego Pecel juga mudah diperoleh di warung-warung, kedai, pasar, dan di restauran. Sego Pecel khas Jombang yang terkenal adalah Sego Pecel Mbok Rodh. Banyak di antara para wisatawan selalu menyempatkan diri untuk mencicipi masakan khas Jombang tersebut. Selain itu ada juga oleh-oleh khas Jombang yang bisa dibawa pulang seperti Jenang Kelapa Muda, Krupuk Tempe, Sambel Pecel bungkus Instant, Peyek Bayam, dll.
  • Soto Dokk
  • Batik Jombang

    KEBUDAYAAN KHAS JOMBANG

    Tari Jaranan Khas Jombang
    Tari jaran dor lebih mengarah untuk kesenangan atau hobi, tidak seperti jaranan lain seperti semboyo yang memang sengaja dirancang untuk pementasan dengan kemasan cukup rapi. Sehingga penampilan para penari jaran dor terkesan apa adanya dan gerak para penarinya pun tidak seperti jaranan lain. Tari jaran dor banyak dipengaruhi oleh pencak silat, karena kebanyakan para penari jaranan adalah pendekar silat.
    Tari Bantengan
    Mulanya tidak ada bantengan dalam jaran dor, sekarang tari bantengan ditampilkan untuk menutup pertunjukan di mana penari menari dengan topeng kepala banteng.






sumber : google.com
sumber : http://sendangmade.blogspot.com/2012/05/kesenian-jaranan-dor-asli-kota-jombang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar